Dua Pelaku Pembobolan ATM di Tasikmalaya Diserahkan Ke Polisi

Tasikmalaya

Sukamenak.com – Dua pencurian bermodus ganjal kartu ATM di Kota Tasikmalaya diamankan pada Selasa (20/9/2022) pagi. Mereka tepergok saat beraksi yang berbuntut sekarang mendekam dibalik jeruji besi dan kasusnya ditangani polisi.

Pelaku yang sedang berusaha menggasak uang di gerai mesin ATM sebuah toserba di Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya itu dipergoki seorang petugas kebersihan.

Read More

Samsul Basuki petugas keamanan di tempat menjelaskan peristiwa itu bermula sekitaran jam 07.00 WIB. Waktu itu petugas kebersihan melakukan pekerjaannya bersihkan gerai ATM. Petugas namanya Miftah itu mendapati dua pelaku sedang ada di ruangan ATM.

“Salah seorang pelaku mengaku kartunya tertelan. Lalu oleh petugas diarahkan agar mengurusnya ke kantor cabang,” jelas Samsul.

Petugas kebersihan yang berprasangka buruk tersebut lantas keluar dan mengintai gerak-gerik ke-2 pria itu di luar gerai. Tidak lama berlalu pelaku kelihatan berusaha mencungkil ATM, lalu salah seorang di antaranya keluar mempersiapkan sepeda motor seperti siap-siap kabur.

“Pelaku berusaha merusak mesin ATM, perbuatan itu terlihat dari rekaman CCTV,” kata Samsul.

Setelah pelaku yang dalam gerai ATM keluar, petugas kebersihan menyapa pelaku. Pelaku terkejut dan berusaha melarikan diri. Pelaku sempat memukul helm ke petugas kebersihan agar bisa bebas kabur.

Tetapi warga yang lain menghadang. Ke-2 pelaku pada akhirnya melarikan diri dan tinggalkan sepeda motornya. Ke-2 pelaku kabur ke lantai dasar Toserba lain yang ada di seberang jalan.

“Nah kami lalu berkoordinasi dengan satpam yang ada di basement. Semua akses keluar dikunci, dia nggak bisa kabur lagi,” jelas Samsul.

Kedua pelaku itu pada akhirnya berhasil diamankan satpam dibantu warga, sampai pada akhirnya diserahkan ke polisi.

Kasus pencuri uang di ATM dengan modus ganjal kartu ini merupakan yang ke-2 terjadi di Kota Tasikmalaya dalam satu bulan terakhir.

Awalnya polisi yang berpatroli di gerai ATM SPBU Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya mendapati aksi serupa. Polisi pada akhirnya berhasil tangkap ke-2 pelaku seusai drama kejar-kejaran di jalanan.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan menghimbau warga waspada modus perampokan di mesin ATM ini.

“Jika terjadi gangguan seperti kartu tak keluar, jangan meminta bantuan pada orang tak dikenal lebih baik minta bantuan Satpam. Kemudian jangan sekali-kali memberikan PIN kepada siapa pun,” kata Aszhari saat pres rilis kasus itu pekan lalu.

(Ald)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.