Dubes Ukraina Soal Pesan Jokowi: Tak Ada Pesan Tertulis Maupun Langsung

Ukraina

Jakarta – Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin terkait pesan Jokowi dari Zelensky untuk Putin menyebut bahwa tidak ada pesan tertulis maupun pesan langsung.

Diketahui, Ia buka suara tentang polemik pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengakutelah menyampaikan pesan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin. Vasyl mulanya menjelaskan tentang tiga arti dari pesan.

“Pesan dari Ukraina ke Rusia yang disampaikan Presiden (Presiden Joko Widodo). Pesan itu dapat mempunyai tiga arti,” sebut Vasyl pada jumpa pers virtual, Selasa 5 Juli 2022.

Di samping itu, Vasyl juga kemudian merinci ketiga makna pesan itu. Pesan itu dapat berupa tertulis maupun lisan.

“Arti pertama yaitu sesuatu yang tertulis di kertas, seperti pesan tertulis dan dibawa ke suatu tempat. Pengertian kedua yaitu adalah sesuatu yang sesuatu yang diucapkan, seperti lisan dan disampaikan ke pihak lain,” ucap Vasyl.

Kemudian, pengertian ketiga yakni pesan mengenai posisi Ukraina usai Jokowi berbincang terkait Zelensky. Pesan tersebut berdasarkan pada pemahaman dari pembicaraan kedua pemimpin negara tersebut.

“Pengertian ketiga yaitu setelah pertemuan tete-a-tete dan setelah pembicaraan lainnya antara presiden, dan setelah kedua pihak bertukar pikiran dan saling memahami, pesan itu diterima oleh Presiden Indonesia, yang artinya tentang posisi Ukraina dalam masalah itu,” kata Vasyl.

Vasyl juga menerangkan bahwa tidak ada pesan tertulis ataupun pesan langsung yang telah disampaikan Zelensky lewat Jokowi. Menurut Vasyl, pesan tersebut adalah pemahaman terkait situasi Ukraina.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.