Pesawat Kargo Ukraina Jatuh di Yunani, Terdengar Bunyi Ledakan

Sebuah pesawat kargo Antonov yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Ukraina jatuh pada Sabtu, 16 Juli 2022, waktu setempat, di dekat kota Kavala di Yunani utara, kata pihak berwenang. Penduduk setempat melaporkan melihat bola api dan mendengar ledakan selama dua jam setelah kecelakaan itu.

Otoritas Penerbangan Sipil Yunani mengatakan pesawat kargo itu menuju dari Serbia ke Yordania. An-12, pesawat turboprop buatan Soviet, dioperasikan oleh operator kargo Meridian.

Menurut Otoritas Penerbangan, pilot berhasil melakukan kontak dengan tower ATC sebelum pesawat nahas tersebut jatuh. Pilot menyampaikan ada masalah di salah satu mesin pesawat dan pilot diberi pilihan mendarat di bandara Thessaloniki atau Kavala.

Sang pilot kemudian memilih Kavala, yang lebih dekat untuk melakukan pendaratan darurat. Komunikasi dengan pesawat berhenti segera setelah itu. Pesawat itu jatuh sekitar 40 kilometer (25 mil) barat bandara.

“Kami mendengar ledakan sampai beberapa menit yang lalu,” Filippos Anastassiadis, walikota kota Paggaio, mengatakan kepada Associated Press sedikit lebih dari satu jam setelah kecelakaan itu. “Saya sekitar 300 meter dari lokasi kecelakaan.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.